Thursday, January 10, 2013

Meja Makan

Assalamu'alaikum.

Maaf, udah lama gak nulis lagi di ini blog. Mungkin karena cape dan tentunya sebenernya sedang malas menulis. Menulis itu menghabiskan energi yang lumayan banyak. He he ...

Setiap bangsa memiliki kebudayaan makan tersendiri. Di Indonesia banyak yang ketika makan yang menggunakan jari tangan tanpa sendok dan garpu, hal ini berdampak dari agama Islam yang mayoritas dianut. Karena Nabi Muhammad Saw juga makan menggunakan tangan tanpa sendok dan garpu.

Di barat makan biasanya dilakukan secara bersama-sama. Dengan tata cara yang mungkin ilegan menurut mereka. Walaupun saya akui tata cara mereka itu memang anggun. Apalagi orang Prancis, table manner is everything.

They are (European) dining, American just having meal.

Saya sering melayani tamu dari bermacam daerah. Kebanyak sih seperti ini;

Orang Belanda makan simple, gak banyak, rapih, minumnya beer, kadang ngasih tips.
Orang Cina, numpukin makanan di meja sebanyak-banyaknya, sering minum teh, berantakan, dan sisa makanan nya banyak.
Orang Amerika, makannya cepet (kebiasaan di fast food kali ya), lumayan rapih, gak rewel, dan seneng ngasih tips.
Orang Yahudi, biasanya mereka pake peralatan sendiri dari plastik dan langsung dibuang. Permintaannya banyak. Ini itu nya banyak. Kadang suka bikin kesel.
Orang Australia, habit makannya hampir sama seperti orang Amerika, tetapi jangan harap dapet tips. Oi, Oi.
Orang Arab, ngambil makanan banyak-banyak, tapi gak dihabisin. Akhirnya di meja numpuk dan berantakan.


Ini nih yang sekarang ini saya hadepin hampir tiap hari. Kadang ngeri banget klo liat orang Arab makan. Walau sih memang gak semuanya seperti ini. Tapi mayoritas lah, ya.

Saya bukan kerja di hotel yang biasa-biasa saja. Alhamdulillah hotel bintang 5 dengan brand yang sangat terkenal. Tetapi tetep saja, table manner orang Arab itu gak ada.

Ini buat kita yang baca bakalan jadi pembelajaran, mungkin, ya. Toh kita makan gak mau lah, kaya begini. Kita ingin meja makan kita itu comfortable. Bekas makanan gak dimana saja. Piring-piring gak numpuk sembarangan.

We are Indonesian. :)

Mungkin tidak fair klo saya ngebandingin orang-orang yang dateng dari berbagai penjuru itu seperti diatas. Karena memang pendidikan itu berpengaruh. Makanya, banyak kantor-kantor, kampus-kampus yang mengadakan table manner. Maksudnya klo makan di meja yang resmi, itu, gak malu-maluin. He he ...

Think! Makanan yang kita ambil, sebaiknya gak usah banyak-banyak dulu. Toh klo kurang bisa ngambil lagi atau mesen lagi.

Doain saya biar gak males-malesan buat nulis lagi ya. Biar bisa berbagi. Biar bisa cerita lagi. Tentang dunia, tentang kehidupan. He he ...

Dadah!
Be happy, 'coz it's free!

0 comments:

Post a Comment

 
;